Berharap Mensesneg Jegal Usulan-usulan Rini ke Jokowi

Berharap Mensesneg Jegal Usulan-usulan Rini ke Jokowi
Pengamat Migas Hendrajit, saat menjadi pembicara di acara diskusi bertema Bola Panas BBM di Jakarta, Sabtu (15/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Direktur Global Future Institute Hendrajit menilai ada upaya sistematis dan terencana menyusupkan skema ekonomi neoliberal dalam tata kelola migas Indonesia,  termasuk di dalam tubuh Pertamina.

Ia menilai Menteri BUMN Rini Soemarno sedang menyusun langkah dalam rangka meliberalisasikan sektor hilir. Karena itu posisi Dirut Pertamina dianggap penting oleh Rini.

"Untuk mendukung skema ini, maka itu tugas utama Dirut Pertamina yang baru nantinya," kata Hendrajit dalam sebuah diskusi terbuka di Jakarta, Sabtu (15/11).

Dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo belum mengetahui  bahwa Rini melakukan seleksi terhadap calon Direksi dan komisaris PT Pertamina.

"Seharusnya Rini menanyakan apakah Presiden setuju dengan calon calon ini? Apakah Presiden punya calon?" kata dia.

Sebaliknya, kata dia, Rini justeru mengusulkan Jokowi agar menandatangani Keputusan Presiden yang isinya memberikan mandat pemilihan dan penetapan direksi BUMN cukup dilaksanakan sepenuhnya oleh Menteri BUMN.

"Untungnya Jokowi tidak menandatangani SK tersebut karena dicegah oleh Mensesneg," kata dia.

Menurut Hendrajit, untuk posisi dirut BUMN strategis yang jumlahnya 25, mutlak Presiden yang menetapkan, memilih dan menunjuk direksi dan komisaris tersebut.

JAKARTA -- Direktur Global Future Institute Hendrajit menilai ada upaya sistematis dan terencana menyusupkan skema ekonomi neoliberal dalam tata

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News