Berharap Sosok Calon Ketua MPR Seperti Taufiq Kiemas

Berharap Sosok Calon Ketua MPR Seperti Taufiq Kiemas
Taufiq Kiemas (alm). Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menginginkan sosok ketua MPR ke depan seperti almarhum Taufiq Kiemas.

Menurut Margarito, Taufiq Kiemas saat menjabat ketua MPR mampu menjadi penghubung dan perekat di antara kelompok  kekuatan politik yang saling berbeda, dan terlihat keras.

“Dengan kepemimpinan Bapak Taufik, relative bisa terkelola dengan baik,” kata Margarito dalam diskusi “Menjaga Politik Kebangsaan, Layakkan Semua Fraksi di Kursi Pimpinan MPR?”, Senin (8/7) di gedung parlemen, Jakarta.

BACA JUGA : Ini Alasan Golkar Merasa Paling Berhak Dapat Kursi Ketua MPR

Dia menambahkan, pimpinan MPR mendatang akan jauh lebih bagus kalau bisa mengambil peran informal menjembatai perbedaan-perbedaan tertentu antara DPD dan DPR.

Margarito mengatakan, beberapa waktu lalu juga sudah pernah berdiskusi bahwa apa yang dibawa oleh anggota DPD dari daerah sampai di DPR mentah semuanya.

“Ini sebenarnya bisa dicairkan sedikit oleh ketua MPR andaikata ia memiliki kekuatan sebut saja kekuatan integratif. Selemah apa pun kekuatan itu, menurut saya perlu dilakukan,” ungkap Margarito.

BACA JUGA : Ketua MPR Maknai Hari Raya sebagai Momentum Satukan Hati Anak Bangsa

Taufiq Kiemas saat menjabat ketua MPR mampu menjadi penghubung dan perekat di antara kelompok kekuatan politik yang saling berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News