Berharap Timnas U-22 Segera Laga Uji Coba

Berharap Timnas U-22 Segera Laga Uji Coba
Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri. Foto: PSSI.org

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-22 yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-22 sudah tiga pekan menjalani training camp. Sudah ada 30 nama yang mengikuti latihan yang dilakukan di Jakarta.

Walau sudah menunjukkan perkembangan signifikan, tapi ada beberapa hal yang masih kurang dan bakal dibenahi lagi.

Seperti yang dikatakan oleh Asisten Pelatih Timans Nova Arianto. Nova menuturkan sejauh ini anak asuhnya memang sudah mengerti bagaimana filosofi permainan yang diinginkan. Sudah mengerti bagaimana melakukan transisi dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya. ’’Terutama passing ada peningkatan yang bagus,’’ tuturnya.

Salah satu yang masih jadi kendala adalah fisik. Nova menjelaskan kondisi fisik Rachmat Irianto dkk belum mencapai 100 persen. Masih sering kuwalahan ketika bermain cepat selama 90 menit.

Nah, pada Rabu (24/1) timnas memang secara khusus diberi program latihan fisik. Tidak lagi di lapangan, pelatih yang mendapat julukan Suster Ngesot ketika jadi pesepakbola dulu itu meminta anak asuhnya berlari selama 20 kilometer di pagi hari.

’’Dari latihan itu, fisik anak-anak sudah 60-70 persen, sudah ada peningkatan, dan tetap harus ditingkatkan lagi,’’ tegasnya.

Karena fokus pada peningkatan fisik, Sabtu (26/1) internal game yang dilakukan terlihat kurang greget. Tidak seperti pada dua internal game sebelumnya dimana pemain saling ngotot pamer skill agar tidak dicoret dari tim, kali ini lebih kalem. Tidak adanya pencoretan pemain dalam pekan ini mungkin jadi salah satu faktornya.

Nova menyadari hal tersebut. Dia menuturkan hal tersebut wajar. Pemain memang sudah tahu kalau tidak akan ada pencoretan pekan ini.

Tiga pekan sudah Timnas Indonesia U-22 menjalani training camp untuk Piala AFF U-22, kebugaran fisik masih digenjot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News