JPNN.com

Berhari-hari 6 ABK Tenggelam di Laut, Diselamatkan Kapal yang Melintas

Kamis, 28 Mei 2020 – 14:58 WIB
Berhari-hari 6 ABK Tenggelam di Laut, Diselamatkan Kapal yang Melintas - JPNN.com
6 ABK yang berhasil diselamatkan. Foto: Antara

jpnn.com, KENDARI - Enam orang Anak Buah Kapal (ABK) Bunga Rosia GT27 yang mengalami musibah tenggelam di sekitar perairan Laut Kabaena Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, diselamatkan dan kini berada di Kota Baubau.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Baubau R Pradigdo, Rabu malam, mengatakan keenam ABK termasuk nakhoda kapal ditemukan dan dievakuasi oleh kapal tanker MT Alice XXV saat melintas di perairan tempat terjadinya musibah itu.

"Memang ditemukan di laut. Kan kapal Alice ini pas lewat dan tujuan Baubau sehingga dibawa. Kapalnya tadi sandar sekitar pukul 19.00 lewat, mereka sudah dikasih makan dan kami istirahatkan di sini karena sudah berhari-hari juga di laut, kasihan juga kondisinya," ujarnya.

Para korban, katanya, sebelum turun dari kapal terlebih dulu dilakukan rapid test COVID-19 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KK) dan hasilnya negatif.

"Rencana besok mereka kami kirim dan dibawa ke Makassar, karena besok ada kapal Dharma Feri, nanti dijemput pihak Pemkab Jeneponto di Makassar," ujarnya.

Kepastian memulangkan keenam orang warga Jeneponto itu, katanya, setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak kapal Dharma Feri yang juga tujuan ke Makassar.

Musibah adanya kecelakaan laut itu, kata Pradigdo, diketahui pihaknya setelah mendapat informasi dari pihak Syahbandar Jeneponto.

"Tadi jam 15.00 Wita saya dapat berita ditelpon dari Syahbandar Jeneponto terkait musibah ini," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama