Beri Kuliah Umum di Unhan, Megawati Minta Mahasiswa Jangan Lembek

Beri Kuliah Umum di Unhan, Megawati Minta Mahasiswa Jangan Lembek
Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) Prof. Megawati Soekarnoputri memberi kuliah umum langsung yang berjudul Geopolitik Soekarno dan Tata Dunia Baru secara hybrid di Universitas Pertahanan, Selasa (5/4). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) Prof. Megawati Soekarnoputri meminta mahasiswa di kampus tersebut memiliki semangat juang. Megawati mengajak para mahasiswa membuka pikiran untuk melihat suatu persoalan secara jernih dan objektif.

Hal itu disampaikan Megawati memberi kuliah umum langsung yang berjudul Geopolitik Soekarno dan Tata Dunia Baru secara hybrid di Universitas Pertahanan, Selasa (5/4).

"Saya ingin memberikan kuliah ini bukan hanya sekadar kuliah. Tetapi memasukkan semangat perjuangan kembali kepada kalian orang-orang pintar untuk membangun Indonesia ke masa depan," kata Megawati.

Penerima gelar profesor kehormatan dari Unhan itu menilai isu geopolitik masih belum menjadi perhatian bagi banyak pihak.

Menurut dia, geopolitik sangat penting untuk diketahui mahasiswa Indonesia.

Dalam paparannya, Megawati banyak bercerita tentang cara berpikir Soekarno. Presiden Kelima RI itu mengingatkan pentingnya memegang teguh semangat terutama semangat membela negara.

"Jangan lembek, harus semangat sebagai bangsa," pinta Megawati.

Menanggapi paparan Megawati, Guru Besar Unhan Purnomo Yusgiantoro mengatakan Bung Karno tidak hanya sekadar Proklamator RI, tetapi juga konseptor geopolitik Indonesia yang masih relevan sampai sekarang.

Megawati Soekarnoputri meminta mahasiswa Unhan tersebut memiliki semangat juang untuk mempelajari geopolitik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News