Beri Kuliah Umum di Unud, Fadel Tekankan Pemimpin Harus Punya Pola Pikir Entrepreneur

Beri Kuliah Umum di Unud, Fadel Tekankan Pemimpin Harus Punya Pola Pikir Entrepreneur
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (tiga dari kanan) saat berada di kampus Universits Udayana (Unud) untuk menyampaikan materi kuliah umum kepada mahasiwa program pascasarjana, Senin (155). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, DENPASAR - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menekankan seorang pemimpin harus memiliki spirit atau pola pikir entrepreneur.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan kuliah umum di depan mahasiwa program pascasarjana, S2 maupun S3 di kampus Universitas Andalas (Unud), Denpasar, Bali, Senin (15/5).

"Kalau pemimpin mempunyai pola pikir entrepreneur maka dia berbuat sesuatu yang distinguish di setiap jabatannya," kata Fadel ketika menyampaikan materi dengan tema 'Peran Kewirausahaan Sektor Publik untuk Peningkatan Kualitas Kinerja Pemerintah Daerah'.

Menurut Fadel, manajer publik atau kepala daerah berperan penting dalam menyebarkan nilai-nilai kewirausahaan di lingkungan pemerintahan melalui serangkaian inovasi dan terobosan.

"Karaketristik daerah, visi kepala daerah, dan gaya kepemimpinan daerah adalah faktor yang cukup penting menentukan keberhasilan kewirausahaan sektor publik model Fadel," paparnya.

Fadel menjelaskan kinerja pemerintahan yang baik adalah adanya peningkatan kualitas pelayanan publik yang dapat dilihat dari indeks kepuasan masyarakat.

Kedua, tidak ada korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) yang diukur dari Indeks Persepsi Korupsi.

Ketiga, akuntabilitas kinerja yang berkualitas.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad memaparkan peran kewirausahaan setor publik untuk kinerja pemerintah daerah saat memberikan kuliah umum di Kampus Unud

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News