Berikan Kuliah Umum di Universitas Jember, Rieke Sebut Pendiri Bangsa, Simak

Berikan Kuliah Umum di Universitas Jember, Rieke Sebut Pendiri Bangsa, Simak
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka memberikan kuliah umum di Universitas Jember (Unej) pada Kamis (8/12/2022). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka memberikan kuliah umum di Universitas Jember (Unej) pada Kamis (8/12/2022).

Dia memberikan kuliah umum dengan tema “Pancasila: Ilmu Amaliah, Ilmu Ilmiah Dalam Kebijakan Pembangunan.”

Rieke menyampaikan Pancasila adalah ilmu amaliah, ilmu untuk mengamalkan ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, hal pertama dan utama yang dilakukan para pendiri bangsa adalah memperjuangkan ilmu pengetahuan sebagai hak warga negara anak bangsa Indonesia.

“Pancasila itu bukan dikotomi antara yang nasionalis dengan yang tidak nasionalis. Pancasila itu bukan memecah belah rakyat bukan mendikotomi mana kelompok radikal dan mana yang bukan radikal. Pancasila itu adalah ilmu amaliah ilmu untuk mengamalkan ilmu pengetahuan buktinya kita semua berada di Universitas Jember ini,” ujar Rieke.

Menurut Rieke, kegiatan ini merupakan perjalanan tauhid baginya mengingat para pendiri bangsa memperjuangkan ilmu pengetahuan itu sebagai hak warga negara dan anak bangsa Indonesia menuju Indonesia sebagai negara industri.

“Oleh karena itu, SDM itu penting sekali,” kata Rieke.

Rieke mengatakan untuk membangun Indonesia sangat dibutuhkan angka ataupun statistik yang akurat.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka memberikan kuliah umum di Universitas Jember (Unej) dengan menyebut para pendiri bangsa. Simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News