Berita Kematian Mandela dan Paul Walker Paling Dicari di Google

Berita Kematian Mandela dan Paul Walker Paling Dicari di Google
Berita Kematian Mandela dan Paul Walker Paling Dicari di Google

jpnn.com - MOUNTAIN VIEW- Raksasa mesin pencari internet Google merilis data informasi mana saja yang paling banyak dicari pengguna internet selama tahun 2013. Menariknya, tiga dari empat posisi teratas berita atau informasi yang paling banyak dicari lewat server Google ternyata soal berita kematian orang terkenal. Diawali dengan kematian tokoh perdamaian asal Afrika Selatan Nelson Mandela yang menempati ranking teratas.

Fakta ini cukup mengagetkan sebab kematian mantan Presiden Afrika Selatan tersebut tersebar tak lebih dari 15 hari lalu, namun langsung menjadi hit. Berita kematian lain adalah kecelakaan tragis yang menimpa bintang film "Fast & Furious" Paul Walker. Paul yang tewas saat menjadi penumpang mobil Porsche pada 30 November, berada di posisi runner-up setelah berita meninggalnya Nelson Mandela.

Sama seperti Nelson Mandela, berita atau infomasi kematian Paul juga tergolong anomali karena sangat banyak dicari dalam beberapa hari setelah kejadian. Berita duka lain yang juga banyak dicari pengguna internet tak lain dari kematian bintang serial TV "Glee" Cory Monteith. Informasi soal sosok dan kematian aktor ganteng yang diakibatkan overdosis narkoba pada Juli lalu itu, menempati posisi keempat.

Terlepas dari tren dominasi berita duka alias obituari, seperti tahun lalu peluncuran produk konsumer terutama ponsel tetap mendapat perhatian para pengakses Google. Peluncuran ponsel jagoan Apple, iPhone 5S jadi satu-satunya berita "bahagia" yang menempati posisi terhormat yakni di tiga besar. Sementara peluncuran produk ponsel rival utama iPhone 5S, Samsung Galaxy S4 hanya menempati posisi 8.

Masih soal peluncuran produk elektronik. Berita soal mulai dijualnya Sony PlayStation 4, menjadi berita terkait game konsol satu-satunya yang sering dicari infomasinya di Google. Berita ini masuk di posisi kesembilan. Apa itu lagu "Harlem Shake" dan siapa saja yang sudah menarikannya, juga banyak dicari hingga berada di ranking kelima. Kelahiran pewaris takhta Inggris masa depan Pangeran George tak luput dalam perhatian hingga masuk dalam 7 top search.

Ulah pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un yang sering memanaskan kondisi semenanjung Korea ternyata masuk daftar pencarian Google di posisi terakhir atau kesepuluh. Dikutip dari Hollywoodreporter, Rabu (18/12), daftar 10 top search Google kali ini berdasar hasil kesimpulan yang diajukan pada pengguna internet di 72 negara, atau bertambah dari sebelumnya 55 negara pada tahun lalu. (pra/jpnn)


MOUNTAIN VIEW- Raksasa mesin pencari internet Google merilis data informasi mana saja yang paling banyak dicari pengguna internet selama tahun 2013.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News