Berita Terkini Gempa Nias Selatan, BNPB Minta Warga Waspada dan Siaga

Berita Terkini Gempa Nias Selatan, BNPB Minta Warga Waspada dan Siaga
BNPB melaporkan berita terkini gempa Nias Selatan, Sumatera Utara pada Senin (14/3). Warga juga diminta waspada dan siaga. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan asesmen dampak gempa Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut) bermagnitudo (M) 6,7 pada Senin (14/3), masih dilakukan BPBD setempat.

Gempa berkekuatan M6,7 -pemutakhiran M6,9 dirasakan kuat oleh warga di Kabupaten Nias Selatan pukul 04.09 waktu setempat.

"Pusat gempa berada pada 161 km tenggara Nias Selatan," ucap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan menyebut guncangan dirasakan kuat selama kurang lebih satu menit.

Pusat gempa yang berada pada kedalaman 25 km ini dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Namun, earga sempat panik akibat aktivitas geologi tersebut.

Selain di Kabupaten Nias Selatan, guncangan juga dirasakan sedang di beberapa wilayah lainnya, seperti Kota Padang, Sumatra Barat.

Selang 30 menit setelahnya, gempa susulan terjadi dengan skala yang lebih kecil, yakni M6,0.

"Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Nias Selatan masih melakukan asesmen terkait dampak dari kejadian gempa," ucap Muhari.

BNPB melaporkan berita terkini gempa Nias Selatan, Sumatera Utara pada Senin (14/3). Warga juga diminta waspada dan siaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News