Berkaca dari Palu, Bupati Usul Bandara Alternatif ke Jokowi

Berkaca dari Palu, Bupati Usul Bandara Alternatif ke Jokowi
Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengusulkan agar bandara alternatif dibangun di Sumbar. Foto: jawapos

jpnn.com, LIMAPULUH KOTA - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, sangat setuju dan mendukung wacana pembangunan bandara baru atau alternatif di Sumbar untuk mitigasi bencana.

Wacana yang disuarakan para aktivis, pengamat, kepala daerah, dan jurnalis di Provinsi Tuah Sakato, ini, mengingat Sumbar juga memiliki potensi ancaman bencana gempa dan tsunami.

Dukungan pembangunan bandara baru untuk mitigasi bencana itu disampaikan Irfendi Arbi saat berpidato di hadapan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang berkunjung ke Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Selasa lalu (2/10).

Apalagi melihat kejadian gempa di Palu yang melumpuhkan bandara.

"Saat ini, manggis dari Limapuluh Kota sudah diekspor secara resmi dan legal ke Tiongkok. Sebelumnya, gambir yang dihasilkan para petani kita juga sudah diekspor ke India. Begitu pula dengan kakao dan jeruk Siam Gunuang Omeh, itu sudah dikirim untuk memenuhi pasar regional. Ke depan, untuk mendukung ekspor dan distribusi seluruh komoditi pertanian dan perkebunan ini, memang kita di Limapuluh Kota, sudah membutuhkan bandara," kata Irfendi Arbi.

Sambil mengurai sejarah perjuangan bangsa di Limapuluh Kota, terutama sekali sejarah lahirnya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di kabupaten ini semasa Agresi II Belanda 1948-1949, Irfendi Arbi pun bercerita tentang daerah ini yang dulu punya bandara.

"Selain basis perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dulu kala, di Limapuluh Kota juga sudah ada Bandar Udara Pak Menteri. Namanya, Bandara Piobang. Sampai sekarang pun, lahannya masih ada," kata Irfendi Arbi.

Mantan anggota DPRD Padang ini mengaku belum melakukan kajian secara detail, apakah Bandara Piobang yang sudah ada sejak zaman Belanda dan kini menjadi aset dari Lanud Padang, masih bisa dioperasikan.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, sangat setuju dan mendukung wacana pembangunan bandara baru atau alternatif di Sumbar untuk mitigasi bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News