Berkat Asistensi Bea Cukai Malang, UMKM Sukses Ekspor Perdana Fiberglass Bodi Mobil ke AS

Berkat Asistensi Bea Cukai Malang, UMKM Sukses Ekspor Perdana Fiberglass Bodi Mobil ke AS
Produk fiberglass bodi mobil produksi UMKM asal Kota Batu, MBA Workshop Indonesia sukses menembus Amerika Serikat. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, KOTA BATU - Bea Cukai Malang memberikan asistensi kepada UMKM asal Kota Batu, MBA Workshop Indonesia untuk merealisasikan ekspor perdana fiberglass untuk bodi mobil ke Amerika Serikat.

Asistensi dilakukan demi mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM berorientasi ekspor.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi yang memimpin Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Malang Dwi Prasetyo Rini menyampaikan berkat asistensi yang dilakukan, MBA Workshop berhasil mengekspor sebanyak 1 kontainer berukuran 20 feet FCL dengan berat total 550 kg dan nilai ekspor Rp 107.405.900.

“Ekspor perdana dilaksanakan pada Rabu 6 September 2023," kata Dwi dalam keterangannya yang diterima, Selasa (12/9).

Perintis MBA Workshop Mahandika Bayu A mengungkapkan fiberglass bodi mobil miliknya di Amerika Serikat akan menjadi properti film.

MBA Workshop Indonesia dirintis saat pandemi Covid-19 pada 2020, hingga saat ini berhasil membuat mesin cetaknya sendiri dan menjadi fiberglass bodi mobil hasil cetak mesin pertama di Indonesia dengan hasil cetakannya jauh lebih detil dan sempurna.

“Ini berawal dari ketidaksengajaan postingan video hasil pembuatan badan mobil di YouTube membuat saya dihubungi salah satu buyer dari Amerika Serikat,” ungkap Mahardika.

Adanya ekspor perdana ini menunjukkan UMKM Kota Batu memiliki potensi yang besar untuk menembus pasar internasional, khususnya Amerika Serikat.

UMKM asal Kota Batu, MBA Workshop Indonesia sukses melaksanakan ekspor perdana fiberglass bodi mobil ke Amerika Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News