Berkat Buah Reformasi

Berkat Buah Reformasi
Berkat Buah Reformasi

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan Bos Lion Air Rusdi Kirana untuk memenuhi undangan Komite Konvensi Partai Demokrat dinilai sebagai bentuk keberhasilan reformasi. Hal ini juga dinilai sebagai ungkapan terima kasih Rusdi terhadap para tokoh yang memimpin bangsa ini setelah reformasi.

Pasalnya, kesuksesannya membangun maskapai Lion Air tak lepas dari gerakan reformasi yang memberikan iklim yang kondusif bagi siapa pun, tanpa kecuali, yang mau berusaha sungguh-sungguh.

"Maka kesediaannya memenuhi undangan Komite Konvensi, selain untuk menunjukkan bukti perubahan, juga untuk menunjukkan bukti keberhasilan gerakan reformasi. Kebebasan berekspresi dan implementasi hak-hak asasi setiap warga negara sudah dijamin dalam konstitusi (UUD 1945 yang sudah diamandemen)," jelas Jeffrie Geovanie, Founder The Indonesian Institute di Jakarta, Minggu (1/9).

Diakui, memang masih banyak agenda reformasi yang belum berhasil diwujudkan. Tapi, lambat laun semuanya bisa diraih, meskipun tidak sampai pada batas yang maksimal.

“Ini bukan soal siapa yang menang atau kalah, tapi soal Indonesia yang sudah berubah, Indonesia yang sudah berhasil mereformasi diri,” ungkap Jeffrie mengutip pernyataan Rusdi.

"Baginya, memenuhi undangan Komite Konvensi bisa diartikan sebagai ungkapan terima kasih atas kepemimpinan Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputeri, dan Susilo Bambang Yudhoyono," sambung Jeffrie.

Bahwa kemudian Rusdi Kirana memutuskan mundur dari Konvensi, imbuh Jeffrie, tentu bukan karena meragukan perhelatan itu. Tapi lebih karena dia merasa belum waktunya, masih banyak tokoh lain yang menurutnya lebih pantas. Makanya, siapa pun yang memenangi Konvensi akan ia dukung dengan sepenuh hati. Yang jelas, baginya dunia politik bukan hal asing, bahkan sangat menarik untuk dijalani, suatu saat dia akan menapakinya dengan kesiapan yang lebih prima.

"Kesuksesannya memajukan Lion Air sehingga menjadi maskapai penerbangan terbesar di Asia Tenggara, tentu akan menjadi salah satu referensi yang mengesankan bagi publik saat RK menapaki dunia politik," demikian Jeffrie. (jpnn)


JAKARTA - Keputusan Bos Lion Air Rusdi Kirana untuk memenuhi undangan Komite Konvensi Partai Demokrat dinilai sebagai bentuk keberhasilan reformasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News