Berkat Trotoar Layak Penyandang Disabilitas Banyuwangi Raih Penghargaan

Berkat Trotoar Layak Penyandang Disabilitas Banyuwangi Raih Penghargaan
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima penghargaan dari Menhub EE Mangindaan. FOTO:

jpnn.com - JAKARTA - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang lalu lintas dari Kementrian Perhubungan untuk kategori Kota Sedang. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perhubungan EE Mangindaan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Rabu (10/9).

Menhub EE Mangindaan mengatakan, penghargaan WTN diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini menilai sejauh mana perhatian sekaligus kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan transportasi yang berkelanjutan, berbasis kepentingan publik, dan ramah lingkungan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Banyuwangi ini berkat peran serta masyarakat daerah berjulu The Sunrise of Java itu dan konsistensi pemerintah daerah dalam menata daerah secara menyeluruh.

”Kita ingin memiliki daerah yang indah, hijau, rapi, sekaligus aman dan nyaman bagi seluruh warga dan pengendara lalu lintas,” kata Bupati Anas. Dia mengatakan, penghargaan WTN ini merupakan prestasi yang membanggakan karena sudah 9 tahun Banyuwangi tak punya prestasi di bidang penataan lalu-lintas.

Sejumlah inovasi dan kemajuan bidang transportasi di Banyuwangi antara lain penggunaan lampu lalu-lintas tenaga surya, kelengkapan sarana-prasarana, penyediaan jalur pesepeda, dan konsep terminal pariwisata terpadu yang kini tengah dirintis pembangunannya di Banyuwangi.

”Penghargaan Wahana Tata Nugraha ini merupakan prestasi yang membanggakan karena sudah 9 tahun Banyuwangi tak punya prestasi di bidang transportasi,” ujar Anas.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Suprayogi menambahkan, ketertiban pengguna jalan seperti menyalakan lampu kendaraan di siang hari, pemakaian helm dan ketertiban parkir juga menjadi salah satu penilaian.

Ada pula dukungan pemerintah daerah dari alokasi anggaran serta berbagai kebijakan perencanaan lalu-lintas yang berimplikasi jangka panjang. Rencana Pemkab Banyuwangi membangun terminal pariwisata terpadu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam penilaian WTN.

JAKARTA - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) bidang lalu lintas dari Kementrian Perhubungan untuk kategori

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News