Berkenalan dengan Kunbarrasaurus, Spesies Dinosaurus Asli Australia

Berkenalan dengan Kunbarrasaurus, Spesies Dinosaurus Asli Australia
Berkenalan dengan Kunbarrasaurus, Spesies Dinosaurus Asli Australia

Spesies terbaru dari dinosaurus asal Australia diduga memiliki paruh seperti beo dan telinga bagian dalam yang mirip dengan kura-kura. Kunbarrasaurus ieversi atau ankylosaurus primitif, kelompok dinosaurus herbivora berkaki 4 dengan kulit punggung berat dan ekor bergerigi.

Kerangka fosil yang terawat sangat baik -yang bahkan meliputi detil seperti tekstur kulit dan isi perut -ditemukan pada tahun 1989 di Richmond, Queensland.

Kerangka itu awalnya dianggap satu genus dengan satu-satunya ankylosaurus Australia, Minmi.

Tapi setelah dua dekade mempersiapkan fosil untuk studi, para peneliti menyimpulkan bahwa ia bukan hanya spesies yang berbeda, tetapi genus yang sama sekali berbeda dari ankylosaurus.

Dalam studi ini, yang dipublikasikan (8/12) di ‘PeerJ’, para peneliti menggunakan CT scan untuk memeriksa kepala dan otak dinosaurus, yang mengungkap fitur yang membedakannya dari ankylosaurus lain yang ditemukan di berbagai tempat di dunia.

"Salah satu hal yang paling tak biasa tentang hal itu adalah labirin tulang telinga bagian dalam," kata paleontolog Universitas Queensland, Dr Steven Salisbury.

"Mereka besar, mereka begitu berbeda dari apapun yang telah kami lihat sebelumnya, kami benar-benar tak mempercayai penampakan mereka," tuturnya.

Bagian ini paling mirip dengan telinga bagian dalam dari reptil tuatara modern tapi Dr Steven mengatakan, para peneliti masih berjuang untuk memahami mereka.

Spesies terbaru dari dinosaurus asal Australia diduga memiliki paruh seperti beo dan telinga bagian dalam yang mirip dengan kura-kura. Kunbarrasaurus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News