Bermodal Satu Kapal Selam

Bermodal Satu Kapal Selam
Bermodal Satu Kapal Selam
JAKARTA -- Direktur The National Maritime Institute (Namarin), Siswanto Rusdi mengatakan, kekuatan matra laut Indonesia kalah dibandingkan Malaysia, ataupun Singapura. Tentara Indonesia ternyata hanya punya dua kapal selam. Itu pun, yang satu saat ini sedang diperbaiki. Sedang Malaysia, yang saat ini sudah punya dua kapal selam, tahun depan punya tambahan lagi dua unit.

"Malaysia bakal makin kuat, tahun depan punya empat kapal selam. Mereka merasa maritim akan menjadi kekuatan mereka. Ini berbeda dengan kita," ujar Siswanto dalam diskusi bertema ''Indonesia-Malaysia, Serumpun Tapi Tak Rukun'' di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (21/8).

.

Dia membandingkan dengan era Presiden Soekarno, yang sempat punya 11 kapal selam. Saat itu, matra laut RI menjadi terkuat di Asia Tenggara. "Bahkan mungkin Asia Pasifik," ujarnya. Postur pertahanan yang berbasis di daerat, lanjutnya, kurang menguntungkan karena wilayah perairan RI cukup luas.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Agus Suhatono, bertekad akan memperkuat penjagaan laut. Dia pun merasa tersinggung dengan penangkapan tiga PNS KKP Kepri oleh Malaysia.

JAKARTA -- Direktur The National Maritime Institute (Namarin), Siswanto Rusdi mengatakan, kekuatan matra laut Indonesia kalah dibandingkan Malaysia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News