Bersedia Jadi Sahabat Israel, Sudan Dapat Hadiah dari Donald Trump

Bersedia Jadi Sahabat Israel, Sudan Dapat Hadiah dari Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani proposal anggaran pemerintah federal yang menandai berakhirnya shutdown. Foto: EPA

jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berperan besar dalam mempengaruhi Sudan untuk bersedia menjalin hubungan dengan Israel.

Pada Jumat (24/10), Sudan menjadi negara Arab ketiga yang menormalisasi hubungan dengan Israel tahun ini.

Atas keputusan yang dianggap sebagian pihak sebagai pengkhianatan terhadap perjuangan rakyat Palestina tersebut, Sudan mendapat hadiah dari Trump.

Hadiah tersebut adalah penghapusan Sudan dari daftar hitam negara yang mensponsori terorisme.

Menurut sumber Reuters di Pemerintah AS, Trump menandatangani sebuah dokumen di pesawat kepresidenan Air Force One pada Kamis (23/10) malam untuk menginformasikan kepada Kongres terkait rencananya untuk menghapus Sudan dari daftar tersebut.

Tidak hanya itu, penasihat senior sekaligus menantu kesayangan Trump, Jared Kushner, terlibat langsung sebagai perwakilan AS dalam perundingan antara Sudan dan Israel.

"Ini jelas sebuah terobosan yang luar biasa," kata Kushner kepada Reuters.

"Ini jelas akan menciptakan terobosan besar perdamaian antara Israel dan Sudan. Membuat kesepakatan damai tidaklah semudah yang kami lakukan saat ini. Itu sangat sulit dilakukan," lanjutnya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memiliki andil dalam terjalinnya hubungan antara Sudan dengan Israel

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News