Bersiaplah, Formasi CPNS 2018 Ditetapkan Bulan ini

Bersiaplah, Formasi CPNS 2018 Ditetapkan Bulan ini
Ribuan CPNS di Istora Senayan Jakarta, Selasa (27/3). Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bakal menetapkan formasi CPNS 2018 bulan ini. Untuk saat ini masih dalam proses finalisasi data.

"Molor terus karena datanya belum final. Finalisasi ini agak lama karena butuh data yang sangat detil," ungkap Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Mudzakir kepada JPNN.com, Senin (13/8).

Dalam finalisasi ini, detil formasi dipertajam seperti berapa riil tenaga kesehatan di rumah sakit per kab/kota tertentu. Demikian juga dengan kebutuhan guru, dicek benar-benar sekolah mana saja yang kurang.

"Dengan pengecekan detil diharapkan tidak ada daerah yang jumlah pegawainya berlebih atau kurang," terangnya.

Kalau finalisasi data selesai, lanjut Mudzakir, penetapan formasi segera dilakukan. Prinsipnya pemerintah tidak mau menunda-nunda pengumuman karena bisa dijadikan alat untuk menipu.

"Kalau sudah clear pasti segera diumumkan, tidak akan ditunda-tunda. Semoga bisa Agustus sehingga masyarakat bisa menyiapkan diri untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS," tandasnya.

MenPAN-RB Asman Abnur dalam berbagai kesempatan mengungkapkan, tahun ini ada sebanyak 220 ribu PNS yang pensiun. Diharapkan 70 persennya bisa diisi PNS baru. Namun, bila kas negara mencukupi, bisa saja 220 ribu kursi PNS yang kosong terisi semua. (esy/jpnn)


Tahun ini ada sebanyak 220 ribu PNS yang pensiun. Diharapkan 70 persennya bisa diisi PNS baru.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News