Bertahap.. Eks Gafatar Mulai Diungsikan ke Pontianak

Bertahap.. Eks Gafatar Mulai Diungsikan ke Pontianak
Eks Gafatar terlihat mulai tinggalkan kamp untuk mengungsi ke Pontianak/ Rakyat Kalbar

jpnn.com - SUKADANA- Eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Kayong Utara resmi diberangkatkan ke Pontianak, kemarin. Pendatang dari berbagai daerah di luar Kalbar itu diangkut menggunakan dua unit kapal yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kayong Utara.

Menurut Kepala Kesbangpol dan Linmas Kayong Utara, Sukarman, SPd, eks Gafatar yang dipulangkan berjumlah 102 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 365 jiwa.

Rinciannya, kata Sukarman, berdasarkan data mantan Camat Teluk Batang, jumlah anak-anaknya sebanyak 180 dan dewasa 185 orang. “Ini pemberangkatan yang pertama,” katanya kepada rakyat kalbar (grup JPNN).

Data ini sedikit beda dengan data yang dikeluarkan pemerintah sebelumnya. Sebelumnya terdata sebanyak 370 jiwa eks Gafatar yang akan dikembalikan, untuk meninggalkan Kayong Utara.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Pemkab Kayong Utara, Amir Hamzah, S.Sos mengatakan, pemberangkatan dilakukan pada pagi kemarin, dari Pelabuhan Cik Kadir Sukadana menuju Pontianak. Pemberangkatan ini dipercepat, semula dilakukan pada Minggu (24/1) hari ini. 

Pemberangkatan ini, dilanjutkannya, merupakan tahap pertama. Sebab, untuk eks Gafatar di Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya juga akan dikirim pada tahap selanjutnya. “Mungkin Senin untuk yang Pulau Maya akan dikirim ke Pontianak,” ujar Amir. (lud/dkk/jpnn)

 


SUKADANA- Eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Kayong Utara resmi diberangkatkan ke Pontianak, kemarin. Pendatang dari berbagai daerah di luar Kalbar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News