Bertemu Gianni Infantino, Erick Thohir Ungkap 5 Rencana FIFA Untuk Indonesia

Bertemu Gianni Infantino, Erick Thohir Ungkap 5 Rencana FIFA Untuk Indonesia
Erick Thohir. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, QATAR - Presiden Joko Widodo mempercayakan Menteri BUMN Erick Thohir untuk bertemu Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, Rabu (5/10) di Doha, Qatar.

Mantan Presiden Inter Milan itu diminta untuk menyampaikan surat dari Jokowi, terkait tragedi Kanjuruhan Malang, yang menewaskan 131 orang.

Erick mengatakan, sebelum bertemu dan berdiskusi dengan Presiden FIFA, dia juga menghubungi para pemangku kepentingan olahraga di tanah air lainnya.

"Ketika saya berdiskusi dengan FIFA saya telepon Pak Menpora, saya telepon Ketua PSSI bahkan Pak Mahfud MD juga saya telepon. Karena yang terpenting, pemerintah harus hadir menyelesaikan masalah-masalah itu, tetapi jangan sampai berbenturan dengan aturan FIFA,” kata Erick.

Dia menjelaskan FIFA memberikan alternatif untuk menyelesaikan persoalan sepak bola di Indonesia, dan sanksi bukanlah pilihan.

“Kalau dilihat dari suratnya yang kemarin sempat ditayangkan oleh Bapak Presiden Jokowi, di situ jelas FIFA memberikan alternatif selain memberikan sanksi. Jadi FIFA tidak memberi sanksi, tapi ada 5 poin yang harus dikerjakan secara bersama-sama,” tutur Erick.

FIFA bersama pemerintah, termasuk AFC dan PSSI akan melakukan transformasi sepak bola Indonesia.

“Dalam masa transformasi ini, FIFA akan berkantor di Indonesia," imbuhnya.

Erick Thohir mengatakan, sebelum bertemu dan berdiskusi dengan Presiden FIFA, dia juga menghubungi para pemangku kepentingan olahraga di tanah air lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News