Bertemu Koichi Haguida, Menko Airlangga Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang

Bertemu Koichi Haguida, Menko Airlangga Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-Jepang
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto dok Kemenko

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan bilateral dari Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Koichi Haguida di Jakarta, pada Selasa (11/1).

Airlangga menyambut baik inisiatif usulan kerja sama baru antara Indonesia dengan Jepang, yaitu Public Private Track 1.5: Japan Indonesia Co-Creation Partnership for Innovative and Sustainable Economic Society.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan rantai pasok regional dan global, pembangunan infrastruktur, ekonomi digital, pengembangan sumber daya manusia, dan industri berkelanjutan, yang merupakan prioritas pembangunan Indonesia.

“Indonesia selalu siap bekerja sama dengan Pemerintah Jepang untuk memaksimalkan potensi besar kerja sama kedua negara,” ungkap Menko Airlangga.

Airlangga berharap kerja sama ini bisa menjadi wadah untuk mempromosikan pengembangan UMKM dan ekonomi digital.

Di mana, UMKM Indonesia telah tumbuh menjadi sektor penopang utama ekonomi dengan kontribusi lebih dari 60 persen PDB dan menyerap lebih dari 90 persen tenaga kerja pada 2020.

"Sektor lain yang juga sangat penting bagi Indonesia adalah ekonomi digital. Nilai e-commerce Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat hingga 32 miliar USD pada 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan 54 persen," kata Airlangga.

Airlangga pun mengajak Pemerintah Jepang untuk bekerja sama dan mendukung inisiatif Indonesia dalam menyukseskan agenda-agenda Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan bilateral dari Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Koichi Haguida di Jakarta, pada Selasa (11/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News