Lewat Cara ini PKT Tingkatkan Realisasi Penanaman Pohon Setiap Tahun

Lewat Cara ini PKT Tingkatkan Realisasi Penanaman Pohon Setiap Tahun
PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) turut memperbaiki kualitas lingkungan dan pemulihan sumberdaya hutan maupun lahan. Foto dok PKT

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) turut memperbaiki kualitas lingkungan dan pemulihan sumberdaya hutan maupun lahan.

Upaya tersebut merupakan wujud komitmen PKT terhadap Gerakan Satu Juta Pohon, yang diperingati setiap 10 Januari.

Upaya itu dilakukan melalui berbagai langkah nyata secara berkesinambungan, seperti penanaman pohon hingga menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga populasi hutan. 

Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan melalui kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) adalah kolaborasi pemulihan lahan bekas tambang yang berjalan sejak 2020.

Langkah konkret yang dilaksanakan berupa demplot pohon Tengkawang dan durian Musang King pada lahan bekas tambang di Arboretum Tengkawang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia pada November 2021.

Kawasan tersebut diketahui mengalami kerusakan akibat aktivitas tambang emas ilegal, dengan luasan mencapai 8,77 hektare.

Pada demplot ini, PKT berperan melakukan rehabilitasi dan restorasi lahan agar dapat dimanfaatkan kembali sesuai fungsinya, sehingga ke depan berbagai jenis pohon dapat tumbuh kembali secara baik dan produktif.

Selain itu PKT juga melakukan demplot serupa di lahan bekas tambang batubara di Kelurahan Makroman Samarinda Kalimantan Timur, agar keberadaan hutan sebagai tatanan ekosistem dalam mencegah timbulnya pemanasan global dapat tercapai secara optimal, dengan mengembalikan fungsi hutan melalui penanaman bibit dan restorasi lahan.

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) turut memperbaiki perbaikan kualitas lingkungan dan pemulihan sumberdaya hutan maupun lahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News