Bertemu Menko PMK Muhadjir, PP GMKI Dorong Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia

Bertemu Menko PMK Muhadjir, PP GMKI Dorong Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy bersama Ketua Umum PP GMKI Korneles Galanjinjinay beserta jajaran PP GMKI di Kantor Kemenko PMK, Jakarta. Foto: Dok. PP GMKI

jpnn.com, JAKARTA - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy menerima Ketua Umum PP GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indoensia) Korneles Galanjinjinay beserta jajaran PP GMKI di Jalan Medan Merdeka Barat No. 3, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Pertemuan pengurus GMKI dengan Muhadjir Effendy sudah sering dilakukan saat menjabat Mendikbud. Kali ini adalah pertemuan pertama setelah menjabat Menko PMK. Pertemuan yang berlangsung sekitar 45 menit tersebut membahas seputar isu dan persoalan stunting, busung lapar, kekerasan perempuan dan anak, BPJS, intoleransi, pembinaan pemuda, ekosistem pendidikan nasional. Pertemuan diakhiri dengan makan siang bersama.

Ketua Umum GMKI Korneles mengatakan Kebutuhan dasar manusia adalah hal yang paling utama dan urgen yang harus diselesaikan pemerintah.

“Selama ini kami melihat belum ada suatu terobosan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, aspirasi rakyat kecil akan pemenuhan kebutuhan dasar belum sepenuhnya dipenuhi pemerintah. Oleh karena itu, harapan kami Menko PMK yang baru, pak Muhadjir Effendy yang berkompeten dan berpengalaman dapat menyelesaikan persolan kebutuhan dasar rakyat kecil, seperti pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan kebebasan beribadah,” ujar Kornelis dalam keterangan persnya, Jumat (22/11).

Kornelis berharap pemerintah dapat melakukan koordinasi, sinkronisasi kebijakan dan keputusan strategis antarkementerian untuk mengatasi persoalan mendasar yang dihadapi bangsa ini.

Kornelis mengingatkan agar kementerian dan lembaga tidak berjalan sendiri-sendiri, melaksanakan program terintegrasi guna mengatasi kebutuhan dasar dibawa Kemenko PMK. Dengan demikian, menurut Kornelis, kebutuhan dasar sejak dalam kandungan sampai mati akan terpenuhi.

Sementara itu, Menko Muhadjir Effendy berterima kasih keoada GMKI yang tetap setia melakukan kajian dan berkontribusi dengan memberikan masukan guna penyelesaian persoalan-persoalan di negara ini. Termasuk penyelesaian masalah kepastian pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

“Kami berharap dapat bekerja sama dan berkoordinasi untuk melakukan perbaikan di bangsa ini khususnya dalam menggalakkan revolusi mental,” kata Menko Muhadjir.

Muhadjir mengaku saat dirinya menjabat Mendikbud sering berjumpa dengan jajaran pengurus GMKI. Kini, dirinya masukan dari GMKI karena itu diatur kemenetrian yang lain yang membidangi pemuda. kini, dirinya bersyukur mendapat kesempatan menjadi Menko PMK sehingga bisa berbuat lebih banyak lagi.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy menerima Ketua Umum PP Gerakan Mahasiswa Kristen Indoensia (GMKI) Korneles Galanjinjinay beserta jajaran PP GMKI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News