Berziarah ke Makam Para Ulama Rembang, Anies: Mereka Sumbu Syiar Islam di Pulau Jawa

Berziarah ke Makam Para Ulama Rembang, Anies: Mereka Sumbu Syiar Islam di Pulau Jawa
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam para ulama di Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, REMBANG - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam para ulama di Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12).

Dia mengaku bangga bisa menziarahi tempat peristirahatan terakhir figur-figur yang memiliki pengaruh dan menjadi salah satu sumbu syiar Islam di Pulau Jawa.

"Anak turunannya itu menjadi ulama-ulama terkemuka di Jawa sampai dengan sekarang ini," kata Anies di depan Makam Adipati Tedjakusuma dan Said Abdurrahman atau Mbah Sambo di Lasem, Rembang.

Kedua tokoh ulama ini kata Anies memberi ruang bagi syiar Islam secara luar biasa. Anies juga menyampaikan berziarah ke makam Mbah Cholil, Mbah Masyum, dan Mbah Baidhowi.

Menurut Anies, semua tokoh ulama ini mempunyai garis keturunan yang menjadi ulama terkena. Mereka di antaranya Gus Baha, Gus Khoyum, dan Gus Najih.

Dia juga menjelaskan nama lain ulama terkemuka itu yaitu Gus Mafin. "Bahkan sampai ke Jombang itu semua adalah anak turunan dari Mbah Sambo," ujarnya.

Anies menyebut alasan utama dirinya berziarah kali ini adalah nampak tilas sejarah ulama yang anak turunannya pada abad ke-20 ini menjadi tokoh-tokoh di Nahdlatul Ulama (NU).

"Jadi inilah sebabnya kita ziarah ke sini untuk menghormati dan mengambil hikmah dari perjalanan hidupnya dan insya Allah kita akan meneruskan perjuangan mereka untuk terus menjaga agar Indonesia menjadi negeri yang aman damai dan membawa berkah," katanya. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Menurut Anies, semua tokoh ulama ini mempunyai garis keturunan yang menjadi ulama terkena. Mereka di antaranya Gus Baha, Gus Khoyum, dan Gus Najih


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News