BES Terobosan Bupati Buleleng Sudah Punya 30 Ambulans

BES Terobosan Bupati Buleleng Sudah Punya 30 Ambulans
Mobil Ambulans Buleleng Emergency Services (BES) sebagai salah satu cara menangani masalah kesehatan di Kabupaten Buleleng. Foto: Istimewa

jpnn.com, BULELENG - Buleleng Emergency Services (BES) merupakan sebuah terobosan di layanan bidang kesehatan yang dilakukan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Nyoman Sutjidra.

BES yang diluncurkan sejak 4 Juli 2014 ini merupakan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu yang dikelola bersama Dinas Kesehatan dengan Rumah Sakit Umum (RSU), Rumah Sakit Swasta, dan Puskesmas se-kabupaten Buleleng.

Bupati Putu Agus menjelaskan, BES bisa menjadi solusi dari masalah kesehatan di mana angka kematian pasien masih terjadi.

"BES merupakan inovasi yang selama ini menjadi idaman bagi masyarakat Buleleng. Kemampuan mobilitas yang tinggi hingga me pelosok pedesaan dan mengutamakan pertolongan pertama, yang diharapkan meminimalisir angka kematian pada pasien," ungkapnya, Kamis (29/3).

Terobosan lain yang juga dilakukan Bupati Putu Agus di antaranya membangun Rumah Sakit Pratama di wilayah timur dan barat, serta pembangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Buleleng disamping dengan adanya peluncuran BES.

Dengan SK Bupati Buleleng nomor 440/488/HK/2014 telah dilakukan pengangkatan tenaga kontrak untuk call center BES sebanyak 10 orang dan pengadaan ambulance transport sebanyak 10 unit sehingga pelayanan kegawatdaruratan terhadap masyarakat mulai dapat dijalankan.

Melalui call center BES, masyarakat Buleleng telah terkoneksi untuk mencari informasi pelayanan terdekat, termasuk ketersediaan kamar dan dokter. Selain itu, Bupati Putu Agus menjelaskan bahwa ambulans BES telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

"Masyarakat cukup menghubungi call center BES dengan nomee (0362) 23333 untuk mencari informasi pelayanan kesehatan, sehingga pertolongan pertama yang dibutuhkan dapat dilakukan dalam perjalanan ke rumah sakit" paparnya.

Buleleng Emergency Services (BES) merupakan terobosan layanan di bidang kesehatan, yang kini sudah punya 30 ambulans.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News