JPNN.com

Besok Demokrat Tetap Gelar Kongres, Ini Jurusnya Cegah Penyebaran Corona

Sabtu, 14 Maret 2020 – 16:16 WIB Besok Demokrat Tetap Gelar Kongres, Ini Jurusnya Cegah Penyebaran Corona - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat (PD) akan menggelar kongres yang kelima di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (15/3). Penyebaran wabah corona (COVID-19) dan imbauan untuk menghindari keramaian tak membuat partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu membatalkan rencana menggelar kongres.

Menurut Ketua DPP PD H Irwan, para peserta kongres partainya sudah mulai berdatangan. "Mulai hari ini peserta Kongres Kelima Partai Demokrat berdatangan dari seluruh Indonesia," katanya, Sabtu (14/3).

Legislator PD di DPR itu menambahkan, partainya sejak awal sangat mendukung usaha pemerintah dalam menangani pandemik corona. Oleh karena itu, katanya, PD juga menerapkan protokol pencegahan COVID-19 terhadap seluruh peserta kongres.

Irwan menjelaskan, peserta Kongres V PD dari luar DKI Jakarta langsung dijemput di bandara dan diantar ke Hotel Sultan. Semua protokol pencegahan COVID-19 pada Kongres V PD juga memperoleh asistensi Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Mayoritas kader dari seluruh Indonesia ingin datang namun diberi pengertian bahwa situasi nasional tidak memungkinkan. Virus corona merontokkan berbagai negara dan termasuk Indonesia tidak kebal dengan musibah global ini," tutur legislator asal Kalimantan Timur itu.

Politikus yang beken disapa dengan panggilan Irwan Fecho itu menjelaskan, PD juga melakukan langkah preventif untuk mencegah penyebaran coronavirus dalam kongres tersebut. Antara lain dengan mewajibkan seluruh peserta kongres membawa surat pernyataan sehat.

"Tanpa surat, tidak bisa masuk. Semua peserta dicek suhunya setiap kali masuk ruang dan wajib cuci tangan. Jika suhunya lebih dari 37,5 derajat, akan digiring ke ruang khusus. Jika ada tanda-tanda flu atau batuk, akan langsung diisolasi," tuturnya.

Selain itu, katanya, setiap ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD juga harus membawa satu dokter. DPP PD juga menyediakan dokter dan tim evakuasi dan meminta dua rumah sakit yang terdekat dari JCC untuk bersiap.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...