BI Biarkan USD Tembus Rp 10 Ribu

Pengusaha Set Ulang Harga Ekspor Impor

BI Biarkan USD Tembus Rp 10 Ribu
BI Biarkan USD Tembus Rp 10 Ribu
JAKARTA - Rupiah tengah menuju titik keseimbangan atau ekuilibrium baru. Setelah menembus level Rp 10.000 per USD, Bank Indonesia (BI) membiarkan rupiah terus melemah sesuai fundamentalnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi Johansyah mengakui, yang dilakukan BI saat ini tidak lagi mengintervensi pasar uang untuk melawan depresiasi rupiah, melainkan mengawal rupiah menuju ekuilibrium baru. "BI menjaga saja supaya pergerakan menuju ekuilibrium itu bisa stabil," ujarnya, Selasa (16/7).

Data kurs BI yang mengacu pada Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) kemarin menunjukkan rupiah ditutup pada level 10.036 per USD, melemah 12 basis poin jika dibandingkan dengan penutupan Senin (15/7) yang di level 10.024 per USD.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pemerintah sepakat dengan langkah BI yang mengurangi intervensi dan membiarkan rupiah bergerak sesuai fundamentalnya. "Tidak apa-apa, (pelamahan rupiah) ini bukan masalah," katanya.

JAKARTA - Rupiah tengah menuju titik keseimbangan atau ekuilibrium baru. Setelah menembus level Rp 10.000 per USD, Bank Indonesia (BI) membiarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News