BI Luncurkan Rupiah Baru, Ini Pesan Pak Agus Marto

BI Luncurkan Rupiah Baru, Ini Pesan Pak Agus Marto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menjelaskan koleksi dan sejarah rupiah yang dipajang di Museum BI, Jakarta, Senin (19/12). Hari ini BI meluncurkan pecahan baru rupiah dengan berbagai desain. Foto: setkab.go.id

jpnn.com - JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah terbaru emisi 2016, Senin (19/12). Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, peluncuran uang pecahan baru rupiah itu berbeda ketimbang sebelumnya.

"Ini momen spesial pertama kali diterbitkan serentak di Indonesia," ujar Agus di Gedung BI, Jakarta, Senin (19/12).

Agus pun berpesan agar masyarakat semakin menci ntai rupiah. Cara mencintainya adalah dengan merawat rupiah secara fisik sebaik mungkin.

"Harus ada budaya ditanamkan masyarakat pada usia dini, masyarakat jangan melipat, mencoret-coret atau pun menstaplesnya," katanya.

Sedangkan uang rupiah yang diluncurkan antara lain nominal Rp 100.000, Rp 50.0000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Uang baru itu dilengkapi dengan unsur pengaman yang lebih sulit ditiru. Yakni penggunaan color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso.

Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Sedangkan rainbow feature adalah gambar tersembunyi multi-warna berupa nominal yang akan terlihat dari sudut pandang tertentu.

Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang. Dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang rupiah terbaru emisi 2016, Senin (19/12). Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, peluncuran uang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News