BI Rate Kembali Ditahan di 5,75 Persen

BI Rate Kembali Ditahan di 5,75 Persen
BI Rate Kembali Ditahan di 5,75 Persen
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kemarin kembali menahan BI Rate di posisi 5,75 persen. Posisi BI Rate terendah tersebut masih bertahan sejak 9 Februari lalu.

RDG berpandangan tingkat suku bunga tersebut masih konsisten dengan tekanan inflasi yang rendah dan terkendali sesuai dengan sasaran 2012 dan 2013, yaitu 4,5 persen dengan toleransi plus minus 1 persen. Namun dari sisi eksternal, BI mewaspadai meningkatnya defisit transaksi berjalan akibat melambatnya ekspor di tengah penurunan kinerja ekonomi global dan peningkatan impor.

"Bank Indonesia terus memperkuat langkah-langkah kebijakan untuk mendorong penyesuaian keseimbangan eksternal agar defisit transaksi berjalan kembali ketingkat yang sustainable," sebut Direktur Eksekutif Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, Kamis (9/8).

Langkah lainnya adalah dengan tetap"menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan kondisi fundamental untuk mendukung penyesuaian keseimbangan eksternal tersebut. Selain itu, BI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam mengelola permintaan domestik.

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kemarin kembali menahan BI Rate di posisi 5,75 persen. Posisi BI Rate terendah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News