Biasanya Sehari Setelah Harga BBM Naik, Lainnya Ikut

Biasanya Sehari Setelah Harga BBM Naik, Lainnya Ikut
Pedagang di pasar tradisional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Naiknya harga BBM jenis pertamax dan dex series diprediksi akan akan berimbas pada kenaikan harga barang-barang lainnya. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi memprediksi dalam seminggu ke depan akan terjadi kenaikan harga beberapa barang termasuk bahan pokok.

Kepala Disperindag Banyuwangi Ketut Kencana mengatakan, hingga kemarin (7/2) belum ada laporan kenaikan harga barang pokok yang diterimanya. Meski begitu, bukan berarti tidak akan ada kenaikan sama sekali. Ketut menjelaskan, umumnya harga barang yang menggunakan jasa pengiriman akan ikut terkerek naik begitu harga BBM naik.

Untuk barang pokok, Ketut memprediksi beberapa kebutuhan seperti kentang dan bawang kemungkinan akan segera naik. Karena barang-barang tersebut diperoleh dari pengiriman luar kota.

”Kalau seperti beras dan telur mungkin sementara masih aman. Karena bahan-bahan ini ada di Banyuwangi. Kita tidak mengambil dari kota lain,” terangnya.

Rencananya, hari ini (3/7) Ketut akan melakukan pengecekan di beberapa pasar di daerah selatan. Pengecekan dimulai dari Pasar Benculuk untuk memastikan bagaimana kondisi harga-harga barang.

”Kenaikan pasti ada. Cuma item per item-nya kita belum tahu. Karena itu, rencananya besok (hari ini) akan kita lihat perkembangan di pasar-pasar,” tegasnya.

Jawa Pos Radar Banyuwangi melakukan pengecekan di lapangan terkait dampak kenaikan harga barang usai naiknya harga BBM nonsubsidi. Salah satu pemilik toko material di Jalan Brawijaya, Muhamad mengatakan, sementara ini harga bahan bangunan masih stabil. Karena sebagian masih stok barang dari sebelum kenaikan BBM.

Sudah ada beberapa jenis barang bangunan yang menurutnya sudah naik, seperti harga engsel dan gerendel. ”Harga ekspedisi naik. Yang biasanya ongkosnya Rp 5.000 per koli sekarang jadi Rp 8.000. Akhirnya saya juga harus menaikkan harga barangnya. Untuk engsel saya naikan Rp 500 per item. Kalau harga yang lainnya belum, karena saya belum belanja. Mungkin nanti yang paling cepat harga cat,” ungkap Muhamad.

Dampak kenaikan harga BBM nonsubsidi, sejumlah barang kebutuhan pokok diprediksi bakal ikut naik sepekan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News