Biaya Kunjungan Dinas 4 Kali Anggaran Jankesmas

Biaya Kunjungan Dinas 4 Kali Anggaran Jankesmas
Biaya Kunjungan Dinas 4 Kali Anggaran Jankesmas
JAKARTA – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (SEKNAS FITRA) mengungkapkan bahwa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2010, total belanja perjalanam dinas termasuk ke luar negeri mencapai Rp 19,5 triliun. FITRA menganggap jumlah anggaran perjalanan dinas ini empat kali lipat dari anggaran Jaminanan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) yang hanya Rp 4,5 triliun.

”Total belanja perjalanan dinas termasuk ke luar negeri menghabiskan anggaran Rp 19,5 triliun, empat kali lipat lebih dari anggaran JAMKESMAS,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) FITRA, Yuna Farhan pada diskusi di Jakarta, Minggu (19/9).

Melihat kondisi, Yuna menuding DPR dan Pemerintah telah mengingkari amanat konstitusi yang menyebutkan bahwa APBN ditujukan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. ”Uang rakyat yang dikeruk ternyata dihambur-hamburkan untuk plesiran ke luar negeri. Sementara Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Penanggulangan kemiskinan seeprti PNPM senilai Rp 7,4 triliun berasal dari utang,” katanya.

Yuna menilai DPR sebagai lembaga yang punya fungsi kontrol sulit diharapkan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah. Berdasarkan penelusuran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) DPR,  FITRA menilai kesan bagi-bagi jatah plesiran sangat jelas.

JAKARTA – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (SEKNAS FITRA) mengungkapkan bahwa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News