Biaya Tol Belum Gratis Meski Ada Kemacetan Panjang di Cipali, Ini Kata Jubir Kemenhub

Biaya Tol Belum Gratis Meski Ada Kemacetan Panjang di Cipali, Ini Kata Jubir Kemenhub
Jasa Marga menerapkan contraflow dari KM 65 di Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 86 di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Foto: Mesya/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati angkat bicara soal belum diterapkannya tarif tol gratis, meskipun ada kemacetan di Jalan Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 10 Kilometer.

Menurut Adita, kemacetan panjang di Tol Cipali akibat kepadatan kendaraan masuk dan keluar sebuah rest area di jalan berbeda itu.

Kemacetan itu bukan bersumber dari hambatan di Gerbang Tol (GT) Cipali sehingga penerapan tarif tol gratis belum bisa dieksekusi.

"Jadi, bukan terjadi permasalahan pembayaran," kata Adita dalam keterangan persnya, Jumat (29/4).

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menilai operator di gerbang tol masih berupaya memenuhi tugas sebelum kebijakan penggratisan tol dieksekusi.

"Penggratisan tol belum dilakuakan karena operator masih melakukan upaya maksimal untuk melakukan pembayaran di gerbang tol," ujar Adita.

Menurutnya, kemacetan panjang bukan disebabkan oleh kesalahan operator sehingga kebijakan penggratisan tol belum dilakukan.

Dia mengeklaim belum menemukan kasus tidak berfungsinya mesin pembayaran uang elektronik di gerbang tol.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati angkat bicara soal belum diterapkannya tarif tol gratis, meskipun ada kemacetan di Jalan Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News