Bidik 41 Lokasi Percontohan Minapolitan

Bidik 41 Lokasi Percontohan Minapolitan
Bidik 41 Lokasi Percontohan Minapolitan
JAKARTA-Memasuki semester pertama 2011,  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memfokuskan perhatian pada pengembangan minapolitan. Bidikannya, ada 41 lokasi sebagai percontohan di mana 9 lokasi minapolitan berbasis perikanan tangkap, 24 lokasi minapolitan berbasis perikanan budidaya, dan 8 lokasi sentra garam.

’’Kita gencar melakukan progam minapolitan, karena memberikan kontribusi tinggi untuk kesejahteraan masyarakat nelayan. Tujuan kita juga fokus mendukung percepatan pengentasan kemiskinan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM-KP), dan dukungan permodalan melalui penyaluran KUR, KKP-E, dan CSR bagi kelompok yang telah mandiri,’’ Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad usai membuka Rakornas KKP 2011 di Gedung Mina Bahari 3, Jakarta, kemarin.

Untuk melaksanakan PNPM KP, KKP telah menyiapkan anggaran sebesar 396,4 milyar yang akan dilaksanakan pada 501 kabupaten-kota dalam tiga kelompok program, yaitu bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil. 

Diakui Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad pelaksanaan program Minapolitan setidaknya memiliki tiga tujuan. Meningkatkan produksi, produktivitas, dan kualitas serta meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah ikan. Terakhir pengembangan kawasan ekonomi kelautan dan perikanan untuk menggerakan ekonomi daerah.

JAKARTA-Memasuki semester pertama 2011,  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memfokuskan perhatian pada pengembangan minapolitan. Bidikannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News