Bidik Saiful Jamil, Polisi Dinilai Hanya Berani Pada Orang Kecil

Bidik Saiful Jamil, Polisi Dinilai Hanya Berani Pada Orang Kecil
Bidik Saiful Jamil, Polisi Dinilai Hanya Berani Pada Orang Kecil
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan jika pihak kepolisian berani menetapkan artis Saiful Jamil dengan pasal kelalaian hingga menyebabkan kematian istrinya dalam kecelakaan lalu lintas di alan Tol Cipularang, maka pasal yang sama hendaknya juga diberlakukan kepada aparatur pemerintahan yang bertanggungjawab atas masalah transportasi dan infrastruktur jalan yang dalam kenyataannya masih jauh dari kelayakan.

“Kalau Saiful Jamil bisa dijadikan tersangka oleh jajaran kepolisian dengan pasal kelalaian hingga menimbulkan kematian, maka pihak kepolisian juga harus berani menetapkan aparatur pemerintahan yang bertanggungjawab atas masalah transportasi, sarana dan prasarananya serta para pejabat BUMN transportasi, dan pihak swasta pengusaha angkutan yang kerap melalukan kelalaian dalam menjalankan kewajibannya kepada para pengguna transportasi,” ujar Bambang, sebelum rapat paripurna di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa, (6/9).

Selama ini, lanjut Bambang, pejabat maupun pengusaha transportasi publik tidak pernah diberikan tindakan apalagi dijadikan tersangka terkait tidak terpenuhinya kewajiban mereka dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat pengguna jasa transportasi. “Berapa orang tewas setiap tahunnya karena jalan yang berlubang? Ini seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah dan pejabatnya yang tidak bisa memenuhi kewajibannya dan bisa dikatakan lalai. Namun setahu saya belum ada satupun pejabat yang dikenakan pasal kelalaian dalam masalah ini. Tidak Menteri PU, tidak gubernur, semuanya santai saja tuh dengan tidak melaksanakan kewajibannya,” ujar Bambang.

Contoh lain, bagaimana kecelakaan kereta api terus terjadi mulai dari tabrakan, anjlok kereta, hingga tewasnya sejumlah masyarakat. “Apa pernah polisi menjadikan Dirut PJKA, masinis kereta, Menteri BUMN, Menteri Perhubungan jadi tersangka karena lalai dan tidak mampu memberikan pelayanan? Padahal bisa dikatakan hampir tiap hari kelalaian seperti itu terjadi di depan mata kita dan jajaran kepolisian,” tegasnya.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan jika pihak kepolisian berani menetapkan artis Saiful Jamil dengan pasal kelalaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News