Bidik Talenta Terbaik PNS, Kemenaker Gelar Sosialisasi Pemetaan Potensi dan Kompetensi

Bidik Talenta Terbaik PNS, Kemenaker Gelar Sosialisasi Pemetaan Potensi dan Kompetensi
Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi. Foto: Humas Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar Sosialisasi Pemetaan Potensi dan Kompetensi PNS guna melahirkan profil talenta-talenta terbaik ASN di Kemenaker.

Kegiatan yang berlangsung secara daring pada Jumat (6/8) itu juga bertujuan untuk memperkuat implementasi manajemen PNS.

Sosialisasi itu digelar dalam rangka persiapan pelaksanaan asesmen pemetaan potensi dan kompetensi pegawai yang akan dilakukan kepada seluruh PNS Kementerian yang memenuhi kriteria.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi, pemetaan potensi dan kompetensi yang dilakukan pada 9-20 Agustus 2021 nanti merupakan bagian perencanaan dan pengembangan karier PNS yang dilakukan secara objektif, terencana, terbuka, tepat waktu, dan akuntabel. Pemetaan itu juga sebagai instrumen implementasi sistem merit di Kemnaker.

Untuk mewujudkan hall itu, Anwar menekankan pentingnya partisipasi seluruh pegawai dan komitmen pimpinan tiap unit kerja di Kemenaker dalam pelaksanaan pemetaan potensi dan kompetensi pegawai. Tujuannya sebagai langkah awal membangun sistem merit di kementerian itu.

"Sistem merit ini mengedepankan aspek profesionalitas dalam pengembangan dan pemilihan calon-calon pimpinan yang akan menduduki posisi di Kemenaker. Dengan adanya sistem merit ini, diharapkan kita akan memiliki berbagai talenta yang siap ditempatkan dan siap menjalankan tugas pemerintahan di bidang ketenagakerjaan," ujar Anwar Sanusi dalam sambutannya.

Anwar menjelaskan, melalui sosialisasi potensi dan kompetensi PNS itu, seluruh pimpinan di Kemenaker harus berkomitmen penuh untuk mendukung pengembangan potensi dan kompetensi pegawai.

Sebab, pemetaan potensi dan kompetensi PNS ini pada dasarnya untuk melihat sejauh mana kompetensi pegawai yang menempati posisi atau jabatannya masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung secara daring pada Jumat (6/8) itu juga bertujuan untuk memperkuat implementasi manajemen PNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News