Bijak Memilih dalam Berhias

Bijak Memilih dalam Berhias
SESUAI TUNTUNAN: Seorang model mengaplikasikan pemulas pipi. Rias seorang muslimah disarankan tidak mengubah bentuk wajah secara permanen. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

jpnn.com - SEBAGAI seorang perempuan, muslimah tidak lepas dari kebutuhan mempercantik diri. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun bersosialisasi dengan orang banyak. Dengan maraknya perkembangan dunia kecantikan saat ini, tidak jarang muslimah ikut tergoda. Alasannya satu, ingin cantik.

Meijanti Widyawati dari Areej Salon and Spa menuturkan, kebiasaan berhias atau ber­-make-up memang tidak bisa dipisahkan dari keseharian perempuan, termasuk muslimah. Namun, tetap ada beberapa tuntunan yang menjadi patokan. ”Berhiasnya muslimah itu tidak mengubah bentuk wajah secara permanen,” ujar Meijanti.

Teknologi kecantikan memang sedang berkembang. Berbondong-bondong perempuan ingin cantik. Kaum muslimah, tutur Meijanti, sebaiknya menghindari jauh-jauh segala sesuatu yang buatan, apalagi tidak sesuai dengan syar’i.

”Misalnya, karena ingin cantik, sampai menyulam atau menato alis. Ada lagi karena ingin bibir merah merona, juga menato bibir. Kan, seperti itu menghalangi air wudu masuk ke kulit,” tutur Meijanti.

Prinsip berhias muslimah sebenarnya sederhana. Tidak mengundang perhatian, tidak mengubah bentuk wajah, menggunakan kosmetik yang halal, serta tidak menutupi pori-pori kulit dari air secara permanen. Nah, menyiasati hal-hal tersebut kadang menjadi tantangan serta kelebihan dari cara berdandan muslimah.

”Tantangannya jadi harus berhati-hati dan pandai memilah. Kelebihannya ya secara otomatis terhindar dari perlakuan-perlakuan berlebihan pada wajah. Misal, operasi, menato, dan lain-lain,” ujar dia.

Sebenarnya, papar Meijanti, banyak teknik yang bisa digunakan untuk tampil cantik tanpa harus permanen mengubah bentuk wajah. Tidak perlu operasi untuk mengangkat kelopak mata supaya tidak turun atau menyulam alis agar tebal dan rapi. Cukup mainkan eye shadow di seputar mata atau rapikan bulu halus alis denganeyebrow. Dengan teknik-teknik khusus, mata akan terlihat indah dan natural.

”Mata itu kunci utama kecantikan. Perempuan Timur Tengah sangat pandai memainkan riasan pada mata dan itu yang menjadikan mereka terlihat cantik meski berjilbab,” ujar dia.

SEBAGAI seorang perempuan, muslimah tidak lepas dari kebutuhan mempercantik diri. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun bersosialisasi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News