Bikin Bangga, Bus Buatan Indonesia Bakal Beroperasi di Negara Ini

Bikin Bangga, Bus Buatan Indonesia Bakal Beroperasi di Negara Ini
Peluncuran bus buatan karoseri Indonesia, CV Laksana, yang diekspor dan akan beroperasi di Bangladesh. Foto: ANTARA/HO-KBRI Dhaka

jpnn.com, DHAKA - Bus buatan karoseri Indonesia akan beroperasi di Bangladesh dan diluncurkan secara resmi oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani di Dhaka pada Kamis.

Dalam sambutannya seperti disampaikan secara tertulis oleh KBRI Dhaka, Kadir menyatakan bahwa keberadaan bus buatan Indonesia diharapkan dapat ikut menyukseskan program peremajaan angkutan umum di Bangladesh.

Upaya ini sebagai salah satu realisasi penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Bangladesh, khususnya dalam pembangunan sektor transportasi publik. Selanjutnya, keberadaan bus itu akan menambah erat hubungan bisnis antar pelaku usaha kedua negara.

Menggunakan mesin Scania dan seluruh badan bus diproduksi di Indonesia oleh CV Laksana, bus-bus tersebut diekspor ke Bangladesh melalui kerja sama dengan Innovative Motors—sebuah perusahaan angkutan darat ternama di Bangladesh.

“Bus ini direncanakan untuk melayani trayek antar kota antar provinsi,” kata Duta Besar RI untuk Bangladesh Heru Hartanto Subolo.

Selama empat tahun terakhir, Innovative Motors mendatangkan 18 unit bus buatan CV Laksana yang saat ini telah beroperasi melayani angkutan umum di berbagai kota di Bangladesh.

Pada 2022, Innovative Motors mengimpor empat bus Legacy Sr2 XHD Prime.

Kehadiran empat unit bus baru tersebut disambut gembira oleh masyarakat pengguna transportasi umum.

Kehadiran empat unit bus baru buatan Indonesia tersebut disambut gembira oleh masyarakat pengguna transportasi umum.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News