Bikin Konsep Aplikasi Curhat, Raih Penghargaan dari Jerman

Bikin Konsep Aplikasi Curhat, Raih Penghargaan dari Jerman
William Lautama, mahasiswa teknik industri ITB yang meraih penghargaan dari even Global Entrepreneurship Summer School (GESS) di Munich, Jerman. Foto: Gunawan Sutanto/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Minat anak muda untuk menggeluti kewirausahaan semakin menggembirakan. Salah satunya, William Lautama. Alumnus Teknik Industri ITB ini beberapa kali mewakili Indonesia dalam event entrepreneurship internasional. September lalu William meraih penghargaan dari Global Entrepreneurship Summer School di Jerman.

Gunawan Sutanto, Jakarta

Penampilannya khas anak muda. Tangan kiri mengapit tas selempang, sementara tangan kanan menenteng tablet canggih produksi Amerika. Ketika ditemui di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Utara, William tengah menikmati libur akhir tahun. Sejenak dia keluar dari rutinitasnya yang banyak dihabiskan di Bandung.

Di area foodcourt, William berbagi cerita seputar pengalamannya mengikuti sejumlah event entrepreneurship internasional. Salah satu yang membanggakannya adalah Global Entrepreneurship Summer School (GESS) yang diselenggarakan di Munich, Jerman, 18–26 September 2013.

Kompetisi kewirausahaan untuk mahasiswa berskala internasional tersebut digelar 4Entrepreneurship, sebuah institusi gabungan empat universitas di Munich. Ketika mendaftar untuk ikut kompetisi, William memang belum lulus dari ITB. Baru Juli lalu dia diwisuda dengan menggondol gelar sarjana teknik.

Di ajang itu William dinobatkan sebagai juara atas konsep bisnisnya yang berkaitan dengan pendidikan. ’’Saya adalah satu dari 35 peserta yang lulus seleksi dari seluruh mahasiswa dunia. Kebetulan saya satu-satunya perwakilan Indonesia,’’ ujarnya sembari menunjukkan foto-foto aktivitasnya di Jerman.

Dalam ajang pelatihan dan kompetisi calon wirausaha muda tersebut, panitia membagi 35 peserta menjadi sejumlah tim kecil yang beranggota 5-6 orang. Mereka lantas diadu untuk membuat konsep bisnis yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sebab, GESS tahun ini mengangkat tema Rethingking Education.

’’Seru sekali mengingat diskusi saat itu. Sebab, anggota tim kan berasal dari negara-negara yang berbeda. Tentu persoalan pendidikan di negara mereka berbeda-beda. Persoalan bahasa di antara kami juga sedikit menjadi masalah,’’ jelas pemuda kelahiran 7 Januari ini.

Minat anak muda untuk menggeluti kewirausahaan semakin menggembirakan. Salah satunya, William Lautama. Alumnus Teknik Industri ITB ini beberapa kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News