Bikin Meja-Kursi Cyborg, Finalis Kompetisi Desain Eropa-Asia

Bikin Meja-Kursi Cyborg, Finalis Kompetisi Desain Eropa-Asia
Bikin Meja-Kursi Cyborg, Finalis Kompetisi Desain Eropa-Asia

Membuat barang-barang bekas menjadi barang apik merupakan kreativitas sehari-hari Didi Diarsa Adiana. Dia berhasil menciptakan furnitur sekolah dari kayu-kayu bekas peti kemas. Kini, dia juga menggabungkan karyanya itu dengan limbah elektronik.

 

 AGUNG PUTU I., Jakarta

 

 Sebuah meja "cyborg" diletakkan di ruang tengah bengkel kerja Furnitur Aktif di Jalan Nangka, Cimanggis, Depok, Jawa Barat,.  Kalau manusia cyborg dalam film layar lebar adalah manusia setengah robot, meja cyborg itu merupakan meja yang dibuat dari bahan biologis (maksudnya kayu) dan elektronik.Bodi meja dibikin dari kayu. Tapi, dua kaki yang menyangga bodi itu adalah casing PC (personal computer) bekas. Dua casing putih tersebut berasal dari jenis dan ukuran yang sama. Karena itu, meja tersebut mampu berdiri kukuh dan tidak goyah.

 

Bahkan, saat diduduki pun, dua casing tersebut mampu menjaga bodi meja tetap berdiri. "Saya kira nggak kuat. Ternyata, setelah dicoba, kuat juga," ujar Didi Diarsa Adiana, "pencipta" meja cyborg itu, di bengkel kerjanya.

Membuat barang-barang bekas menjadi barang apik merupakan kreativitas sehari-hari Didi Diarsa Adiana. Dia berhasil menciptakan furnitur sekolah dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News