Bilang Cantik Saat Uji Kelayakan, Empat Anggota DPR Berurusan dengan BK

Bilang Cantik Saat Uji Kelayakan, Empat Anggota DPR Berurusan dengan BK
Bilang Cantik Saat Uji Kelayakan, Empat Anggota DPR Berurusan dengan BK

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Badan Kehormatan (BK) DPR, Ali Maschan Moesa membenarkan adanya laporan dari Komisi Nasional (Komnas) Perempuan tentang tindakan pelecehan yang diduga dilakukan sejumlah anggota DPR saat berlangsungnya uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Komnas Perempuan sudah lama mengamati jalannya fit and proper test yang dilaksanakan oleh DPR. Ada pertanyaan dari sejumlah anggota Dewan yang dianggap kurang respon terhadap gender," kata Ali Maschan Moesa di gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (11/12).

Contohnya lanjut Ali Maschan Moesa, ada anggota Dewan yang menanyakan, "hari ini ke SPA sudah berapa kali" atau mengeluarkan pernyataan yang tidak kontekstual misalnya, "ibu kok cantik?".

"Dari laporan Komnas Perempuan, pertanyaan seperti itu nyaris terjadi di semua komisi yang ada di DPR RI dan itu dinilai melecehkan," ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Untuk tahap awal, Komnas Perempuan meminta BK DPR memanggil empat Anggota Komisi I DPR yang pernah memberikan pertanyaan yang bernada melecehkan saat fit and proper test calon komisioner KPI. "Siapa orangnya, belum patut untuk diungkap," tegasnya.

Dikatakannya, laporan Komnas Perempuan tersebut sifatnya hanya permintaan klarifikasi dari anggota Dewan yang bersangkutan. "Ini sifatnya klarifikasi saja, bukan pengaduan," imbuhnya. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Anggota Badan Kehormatan (BK) DPR, Ali Maschan Moesa membenarkan adanya laporan dari Komisi Nasional (Komnas) Perempuan tentang tindakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News