BIN Bantu Kemendagri Ungkap Pemalsuan e-KTP di Luar Negeri

BIN Bantu Kemendagri Ungkap Pemalsuan e-KTP di Luar Negeri
BIN Bantu Kemendagri Ungkap Pemalsuan e-KTP di Luar Negeri

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman menyatakan pihaknya tengah membantu Kementerian Dalam Negeri menelusuri dugaan munculnya kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) palsu. Pasalnya, ada dugaan server data e-KTP ada di luar negeri dan pencetakannya dilakukan di Tiongkok dan Perancis.

"Kita kerjasama melalui perwakilan kita di luar negeri untuk lebih meyakinkan lagi di mana pemalsuan itu dilakukan. Kemarin sudah koordinasi awal, langsung kita tindak lanjuti," kata Marciano di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, (18/11).

Sejauh ini, kata Marciano, belum ada temuan awal. Sebab, semua data awal masih berdasarkan pada temuan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, Tjahjo memang memang membeber adanya dugaan pemalsuan e-KTP dan kemungkinan adanya server data kependudukan dikuasai asing. Karenanya, Tjahjo menghentikan  pelayanan pembuatan e-KTP untuk sementara waktu guna evaluasi.

"Kita juga mencari informasi yang bisa kita kembangkan dari data yang diberikan Kemendagri," tandas Marciano.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman menyatakan pihaknya tengah membantu Kementerian Dalam Negeri menelusuri dugaan munculnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News