BIN Punya Alat Canggih, Pembuat Hoaks Sangat Mudah Ditemukan

BIN Punya Alat Canggih, Pembuat Hoaks Sangat Mudah Ditemukan
Badan Intelijen Negara. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) tak membiarkan hoaks dan ujaran kebencian berseliweran di media sosial. Lembaga telik sandi pimpinan Budi Gunawan itu punya tim patroli siber yang mampu menelusuri hoaks dan asal-usulnya.

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Hari Purwanto mengungkapkan, sangat mudah bagi lembaganya untuk menemukan hoaks dan pembuatnya. Menurutnya, BIN memiliki peralatan canggih untuk itu.

"Mudah sekali untuk menemukan siapa pengunggah pertama. Dan kebanyakan pasti ketemu itu," ujarnya seperti diberitakan JawaPos.Com.

Meski demikian, Wawan mengharapkan para pembuat hoaks tak serta-merta diproses hukum. Sebab, jika merujuk temuan BIN, banyaknya pembuat hoaks akan membuat penjara penuh.

"Kami ingin ada sikap mendidik, menasihati satu sama lain. Nanti penjara penuh sama penyebar hoaks, jumlahnya begitu banyak sampai jutaan kan malah repot," lanjut Wawan.

Dosen di sejumlah perguruan tinggi itu mengharapkan ada proses literasi bagi warganet. Tujuannya agar di kalangan warganet ada sikap asah, asih dan asuh.

Wawan meyakini meningkatnya kesadaran warganet akan membuat informasi yang beradar tak ditelan mentah-mentah. “Diharapkan saudara kita lebih paham bahwa di era yang sedemikian rupa lebih dewasa di dalamnya," pungkas Wawan.(sat/JPC)


Direktur Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Hari Purwanto mengungkapkan, sangat mudah bagi lembaganya untuk menemukan hoaks dan pembuatnya.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News