JPNN.com

BIN Terjunkan 2 Unit Mobil Laboratorium PCR Saat Rapid Tes Massal di Pakuhaji

Senin, 22 Juni 2020 – 22:08 WIB
BIN Terjunkan 2 Unit Mobil Laboratorium PCR Saat Rapid Tes Massal di Pakuhaji - JPNN.com
Ilustrasi rapid test massal Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid tes massal di kompleks BTN Citius, Kelurahan Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang pada Senin (22/6). Pemeriksaan rapid tes ini ialah langkah BIN untuk mempercepat upaya penanganan COVID-19 di Indonesia.

Adapun, pelaksanaan rapid tes ini merupakan instruksi dari Kepala BIN, Jenderal Pol. (Purn) Budi Gunawan. Rapid Test massal ini merupakan kerja sama BIN, Kementerian Kesehatan, dan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Staf Khusus KaBIN Mayjend TNI (Purn) Neno Hamriono meninjau langsung kegiatan rapid tes massal itu. Neno datang drngan didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Dokter Hendra Tarmizi dan Camat Asmawi.

Neno menjelaskan, BIN sengaja memilih Pakuhaji sebagai lokasi rapid tes kali ini. BIN ingin mencari temuan COVID-19 hingga ke wilayah yang berlum tersentuh pemeriksaan rapid tes.

"Kami mencari klaster-klaster baru di wilayah-wilayah terpencil karena wilayah ini tidak begitu tersentuh, sehingga kami mendatangkan tim ke tempat ini untuk mencari daerah-daerah yang terjadi penyebaran COVID-19. Harapannya, para peserta tidak ada yang positif,” ujar Neno.

Selain mendeteksi dini, Neno menegaskan, kegiatan uji massal ini juga menjadi upaya BIN untuk mewujudkan target pemeriksaan 20.000 tes COVID-19 dalam sehari seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kegiatan ini juga membantu dalam peningkatan target uji massal pemerintah hingga 20.000 tes. Kami harapkan pemerintah daerah yang lain juga bisa membantu dalam mengidentifikasi awal penyebaran wabah ini,” jelas Neno.

Dalam kegiatan ini, BIN menyediakan 500 alat rapid tes dan menerjunkan dua unit Mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk swab tes. Kemudian, BIN juga menyertakan dua unit mobil ambulans.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy