Selasa, 16 Juli 2019 – 07:31 WIB

Bincang Seru Mahfud MD, Dibuka Serius soal Tuhan, Ditutup Cak Lontong dengan Jenaka

Jumat, 12 Juli 2019 – 21:52 WIB
Bincang Seru Mahfud MD, Dibuka Serius soal Tuhan, Ditutup Cak Lontong dengan Jenaka - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD membuka acara Bincang Seru Mahfud di Auditorium Universitas Al-Azhar, Jakarta, Jumat (12/7) dengan mengingatkan sikap toleransi dan saling menghormati antarsesama warga Indonesia.

"Sudah ditegaskan bahwa Indonesia adalah berkat Tuhan. Karena itu kita harus merujuk ajaran Tuhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Ajaran ketuhanan yang mendasar adalah bagaimana bertoleransi terhadap pemeluk agama lain. Mahfud menjelaskan, ajaran itu terwujud dalam agama-agama. 

"Agama saya Islam. Setahu saya dalam ajaran Islam yang saya pahami ini sikap toleransi sangat ditekankan. Tuhan saja sangat toleran, masa kita tidak," kata anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu. 

Mahfud menegaskan, jangan ada lagi pemaksaan atau tindakan semena-mena kehendak mayoritas. "Jangan sampai pecah dan perang antarsaudara sendiri. Cerita dari negara-negara konflik itu sangat menyedihkan dan terpuruk," katanya. 

Untuk mendorong nilai toleransi dan nilai-nilai lain Pancasila, kata dia, pihaknya akan terus intensif menginisiasi diskusi-diskusi kepancasilaan di berbagai kampus dan komunitas. Topik yang dibahas tentang penguatan nilai Pancasila dan pelaksanaannya. 

BACA JUGA: Mahfud MD Khawatir Kepastian Hukum Mulai Dikesampingkan

Dalam acara itu, salah satu pembicara ialah Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia Asep Saefuddin. Dia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara percontohan dalam toleransi dan demokrasi. 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar