BINDA Kaltara Gandeng Ketua RT untuk Vaksinasi Massal di Tarakan

BINDA Kaltara Gandeng Ketua RT untuk Vaksinasi Massal di Tarakan
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TARAKAN - Badan Intelijen Negara (BIN) punya cara tersendiri dalam upaya percepatan vaksinasi di wilayah Kalimantan Utara, khususnya Kota Tarakan. Salah satunya dengan menggandeng para ketua Rukun Tetangga (RT) di wilayah Kelurahan Karang Anyar.

Seperti pada Jumat 29 Juli 2022, BIN daerah Kalimantan Utara membuka gerai vaksinasi di rumah Ketua RT 28 di Jalan Flamboyan, Gang Bhakti, Kelurahan Karang Anyar, Tarakan Barat dalam pelaksanaan vaksinasi terpusat dan door to door.

Cara ini dinilai ampuh dalam menjangkau masyarakat yang kesulitan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain di lokasi tersebut, BIN Daerah Kalimantan Utara juga melakukan vaksinasi door to door di wilayah Gunung Lingkas dan Sebengkok di hari yang sama.

"Melalui layanan vaksinasi terpusat dan door to door yang bekerja sama dengan sejumlah Ketua RT ini diharapkan mempercepat pembentukan herd immunity masyarakat Kota Tarakan," kata Kabinda Kaltara, Marsma TNI Aminul Hakim di Tarakan, Jumat 29 Juli 2022.

Marsma Aminul Hakim pun menyebut bahwa BIN terus meningkatkan animo masyarakat Tarakan untuk melengkapi vaksin Covid-19 hingga dosis ketiga. Apalagi pemerintah sudah menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat mobilitas masyarakat ke area publik.

Namun demikian, kata Aminul, aturan wajib booster itu dikecualikan bagi anak berusia di bawah 18 tahun dan mereka yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi karena alasan kondisi kesehatan khusus. Sebagai informasi, vaksin booster memberikan imunitas atau kekebalan tubuh agar masyarakat yang divaksin itu mempunyai imunitas yang tinggi agar gejala Covid-19 tidak terlalu berat.

Pada kesempatan yang sama, pihaknya meminta masing-masing kepala daerah untuk melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan adat, kemudian tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), organisasi masyarakat, organisasi profesi, dan media untuk membantu melaksanakan sosialisasi secara masif dan intensif terhadap program percepatan vaksinasi booster di wilayah Kaltara.

“Mari kita gencarkan pelaksanaan vaksinasi booster secara terpusat di tempat-tempat umum antara lain kantor, pabrik, tempat ibadah, pasar, dan terminal. Harapannya, percepatan vaksinasi yang dilakukan Binda Kaltara dan Dinkes Kota Tarakan dapat mengantisipasi mencegah penyebaran virus COVID-19 di Kaltara,” kata Marsma TNI Aminul Hakim.

Seperti pada Jumat 29 Juli 2022, BIN daerah Kalimantan Utara membuka gerai vaksinasi di rumah Ketua RT 28 di Jalan Flamboyan, Gang Bhakti, Karang Anyar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News