Australian Open

Bintang Korea Cedera, Roger Federer Ukir Rekor Menawan

Bintang Korea Cedera, Roger Federer Ukir Rekor Menawan
Roger Federer. Foto: AFP

jpnn.com, MELBOURNE - Juara bertahan Australian Open, Roger Federer melaju ke final usai menyingkirkan bintang baru Korea, Hyeon Chung dalam semifinal yang digelar di Rod Laver Arena, Jumat (26/1).

Keberhasilan Federer sedikit tertolong cedera yang dialami oleh Chung. Pada set pertama, Federer menang 6-1. Memasuki set kedua, saat Federer memimpin 5-2, Chung kemudian berjalan menghampiri wasit pertandingan dan menyatakan tak bisa melanjutkan laga. Chung mengalami cedera lecet pada telapak kaki kirinya.

Chung yang tampil fenomenal harus terhenti di semifinal. Dia menjadi petenis pertama asal Korea yang mampu menjejakkan kakinya di semifinal level grand slam.

Buat Federer, keberhasilannya ke final menorehkan rekor menawan. Dia untuk ketujuh kalinya mampu tampil di final Australian Open. Sepanjang kariernya petenis Swiss ini mampu juara lima kali. Dia melakukannya pada 2004, 2006, 2007, 2010, dan 2017.

Dia berambisi bisa juara secara back to back sekaligus menyamai rekor Novak Djokovic dan Roy Emerson yang enam kali juara di Australian Open.

"Set pertama berjalan normal. Saya tak melihat lawan saya mengalami masalah. Pada set kedua, Chung mulai terlihat lambat. Lecet yang dialami pada kaki kirinya dan itu cukup menyakitkan. Saya berpikir itu sangat buruk bagi dia," sebut Federer seperti dilansir BBC.

"Saya senang bisa kembali ke final. Tapi, sebenarnya saya tak menginginkan seperti ini. Chung menjalani turnamen ini dengan gemilang dan harus mundur karena cedera," imbuhnya.

Di final Minggu (28/1) nanti, Federer akan menghadapi petenis Kroasia, Marin Cilic yang menyingkirkan Kyle Edmund di semifinal. (epr/bbc/ce1/jpc)

Roger Federer ikut prihatin dengan cedera yang diderita Hyeon Chung di semifinal Australian Open.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News