Bisa Bebas Banjir 50 Tahun Lagi

Bisa Bebas Banjir 50 Tahun Lagi
Bisa Bebas Banjir 50 Tahun Lagi
SAMARINDA - Banjir Samarinda kian parah. Kerusakan lingkungan dianggap berkontribusi terhadap permasalahan tersebut. Hujan sebentar saja, genangan air sudah meninggi. Untuk mengatasinya, Tim Research dan Teknologi DPD KNPI Kaltim pun melakukan penelitian terkait problematika banjir di Kota Tepian.

 "Melalui proses penelitian itu, kami temukan konsep bahwa Samarinda bisa bebas banjir sampai 50 tahun. Tinggal apakah pemerintah kota dan pemprov serius. Jika tidak, persoalan banjir tak akan pernah terselesaikan," ujar Ketua Tim Research dan Teknologi KNPI Kaltim Tribuana, seperti yang diberikan Kaltim Post, Sabtu (27/11).

Sebagai warga Kaltim, pihaknya terpanggil untuk melakukan penelitian mulai hulu hingga hilir penyebab banjir sekaligus penanganan dan antisipasinya. Berdasarkan risetnya itu, tim menemukan konsep penanganan banjir terpadu. Yakni, dengan membangun waduk induk yang bisa menampung 3 juta kubik air dan terkoneksi Sungai Karang Mumus (SKM).

"Jika waduk induk itu terbangun, insya Allah pemandangan banjir yang sering kita lihat setiap kali hujan, bisa hilang," ujarnya optimistis.

SAMARINDA - Banjir Samarinda kian parah. Kerusakan lingkungan dianggap berkontribusi terhadap permasalahan tersebut. Hujan sebentar saja, genangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News