Bisakah Anda Hamil Saat Menstruasi?

Bisakah Anda Hamil Saat Menstruasi?
Ibu hamil dan minuman alkohol. Foto: Pixabay

jpnn.com - Langkah pertama untuk mengetahui apakah Anda bisa hamil pada saat tamu bulanan Anda datang adalah dengan memahami siklus menstruasi Anda.

Kebanyakan siklus wanita berlangsung sekitar 28 hari. Tetapi itu tidak selalu terjadi dan hal-hal bisa berubah dari bulan ke bulan.

Ada beberapa fase yang berlangsung dalam waktu tersebut (rata-rata) 28 hari, dimulai dengan fase menstruasi.

Pada hari Anda mendapatkan menstruasi adalah hari pertama dari siklus Anda dan itu berlangsung hingga tujuh hari atau lebih. Lalu ada fase folikuler, yaitu ketika tubuh Anda bersiap untuk membuahi telur.

Fase ovulasi terjadi ketika tubuh Anda melepaskan telur matang dengan tujuan menjadi terbuahi.

Dan, akhirnya, ada fase luteal. Jika sel telur Anda dibuahi, Anda mungkin akan memiliki bayi dan jika tidak, lapisan rahim Anda akan turun seperti biasa, yang akan memulai periode Anda dan mengulangi siklusnya.

"Waktu dari mengeluarkan telur pada saat periode Anda jika Anda tidak hamil biasanya 14 hari. Variabelnya adalah fase pemanasan - fase folikel yang disebut - ketika telur sudah siap," kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis Obstetri, Gynecology dan Ilmu Pengetahuan Reproduksi Yale School of Medicine, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (20/8).

Kapan pun Anda berhubungan seks, ada peluang yang bisa menghasilkan bayi - apakah Anda sedang haid atau tidak.

Kecil kemungkinan bagi Anda memiliki anak bila melakukan hubungan badan saat menstruasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News