Bisikan Presiden Jokowi Ini Dinilai Bikin Ganjar Makin Percaya Diri

Bisikan Presiden Jokowi Ini Dinilai Bikin Ganjar Makin Percaya Diri
Presiden Joko Widodo atau Jokowi ketika berbisik kepada Ganjar Pranowo pada Rakernas IV PDIP. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Airlangga Pribadi Kusman menilai langkah Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024 memperlihatkan semangat kepercayaan diri yang makin besar.

Hal itu menurut Airlangga makin terlihat dari fenomena yang berlangsung setelah Rakernas IV PDI Perjuangan beberapa waktu lalu.

Bisikan Presiden Jokowi Ini Dinilai Bikin Ganjar Makin Percaya DiriPengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Airlangga Pribadi Kusman. ANTARA/Dokumen Pribadi.

Kondisi itu menurutnya bertolak belakang dengan apa yang selama ini menjadi isu politik terkait merenggangnya hubungan Megawati dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun sinyal Jokowi menjaga jarak dengan kubu Ganjar Pranowo.

Dia mengatakan ada beberapa hal yang memperlihatkan tanda tentang gestur harmoni baik antara Presiden Jokowi dan Megawati, serta makin menguatnya sinyal dukungan suami Iriana kepada Ganjar.

"Selain dalam acara tersebut Megawati menggandeng Presiden Jokowi dan Ganjar, Megawati juga menjelaskan istilah petugas partai," kata Airlangga Pribadi dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (5/10).

Megawati menegaskan bahwa bukan hanya presiden Jokowi sebagai petugas partai, namun juga dirinya adalah bagian petugas partai.

"Maksud Megawati, agaknya bahwa baik dirinya maupun Presiden Jokowi sama-sama berkomitmen terhadap garis ideologi partai yang menjadi framework dalam kebijakan publik," ujar Airlangga.

Pengamat politik Unair Airlangga Pribadi Kusman menilai bisikan Presiden Jokowi membuat Ganjar Pranowo makin percaya diri menjelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News