Bisnis Ikan Koi Masih Menjanjikan, Berminat?

Bisnis Ikan Koi Masih Menjanjikan, Berminat?
Ketua Kelompok Usaha Budi Daya Ikan Hias Mina Papilon Untung Sugiarto mengatakan pangsa pasar yang cukup besar membuat bisnis ikan hias khususnya Koi cukup menjanjikan. Foto: Antara

jpnn.com, TEMANGGUNG - Budi daya ikan koi hingga saat ini masih menjadi bisnis yang menjanjikan.

Hal itulah yang dirasakan oleh Ketua Kelompok Usaha Budi Daya Ikan Hias Mina Papilon Kelurahan Parakan Kauman, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Untung Sugiarto.

Untung mengatakan pangsa pasar yang cukup besar membuat bisnis ikan hias khususnya Koi cukup menjanjikan.

Meski pandemi Covid-19 menyeret permintaan ikan koi turun drastis hingga 50 persen. Namun Untung menyebut sekarang sudah mulai bangkit lagi.

"Alhamdulillah, kini satu bulan sudah bisa menjual sekitar 20 ekor," katanya.

Untung menyebut ikan koi yang berumur dua hingga tiga bulan memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu per ekor hingga jutaan rupiah per ekor.

Harga ikan koi yang mencapai jutaan rupiah tersebut jika memiliki pola bagus dengan warna tajam.

"Secara bisnis sangat menguntungkan, karena kami menjual satu ikan dengan kualitas bagus akan jauh sekali harganya dari ikan konsumsi. Selain itu, di lahan terbatas bisa memproduksi ikan hias yang bagus dan pasarnya juga cukup besar," katanya.

Ketua Kelompok Usaha Budi Daya Ikan Hias Mina Papilon Untung Sugiarto mengatakan pangsa pasar yang cukup besar membuat bisnis ikan hias khususnya Koi cukup menjanjikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News