Bisnis Tikus Putih Ternyata Menggiurkan, Pak Tentara Ini Sudah Membuktikan

Bisnis Tikus Putih Ternyata Menggiurkan, Pak Tentara Ini Sudah Membuktikan
Marsono di dalam kandang tempatnya beternak tikus putih di Wonogiri. Foto: Radar Solo/JPG

jpnn.com - WONOGIRI - Tikus putih ternyata merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Tak percaya?

Marsono, anggota TNI yang bertugas di Kodim 0728/Wonogiri, ini adalah buktinya. Sejak 2009 lalu, dia membudidayakan tikus putih di rumahnya, Kajen, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri Kota.

Menurut Marsono, mulanya ia hanya bermodal Rp 50 ribu untuk membeli lima ekor tikus. “Saya beli empat betina, satu jantan. Belinya dulu di Jogjakarta,” katanya.

Ternyata usahanya terus berkembang. Bahkan, banyak yang tergiur oleh budidaya tikus putih ini, karena perawatannya mudah dan modalnya pun murah. Tikus gampang beranak pinak serta tiap bulan bisa panen.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus indukan tikus putih pun cukup singkat. Selain itu, beternak tikus bisa menjadi usaha sambilan.

Perawatannya pun tak rumit. “Kandang hanya dibersihkan sepekan sekali, disemprot dengan disinfektan dan dikasih obat,” katanya.

Marsonok beternak tikus putih di kandang seluas 6 x 10 meter. Populasinya saat ini sudah mencapai 500 ekor indukan.

Satu induk telur biasa melahirkan delapan sampai 12 ekor, sedangkan mana kehamilan tikus hanya 20 hari. Tingkat kerugian bisa dikatakan Rp 0, karena tingkat kematian juga jarang.

WONOGIRI - Tikus putih ternyata merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Tak percaya? Marsono, anggota TNI yang bertugas di Kodim 0728/Wonogiri,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News